Silahkan kunjungi blog saya yang lain..

04 Februari 2010

Cara memperbaiki Grub yang rusak di Ubuntu 9.10

Saat ini saya memakai dual OS yaitu Windows 7 dan Ubuntu 9.10.. Alhamdulillah lancar..

Dulu saya pernah kejadian grub saya error sehingga tidak bisa masuk ke OS manapun dan saya bingung harus saya apakan, akhirnya saya instal ulang ubuntu nya. T.T .. Sering saya mengalami kejadian itu dan sudah bosan menginstal ulang hingga akhirnya saya bertanya pada teman saya yang lebih mengerti tentang linux, lalu katanya grub error masih bisa di perbaiki dengan live CD ubuntu itu sendiri.

Berikut ini tutorial nya:

  • Siapkan Live CD Ubuntu 9.10 atau bisa download dulu di situs resmi nya.
  • Setting BIOS agar First Boot Device nya CD-ROM
  • Setelah masuk ke menu instal ubuntu, pilih yang paling atas "try ubuntu without bla..bla..bla.."
  • Setelah masuk ke system, masuk ke Terminal. Applications > Accesosries > Terminal
  • Masuk sebagai root. Caranya ketik sudo -s lalu enter dan masukan password anda
  • Lihat partisi anda dengan mengetik sudo fdisk -l
  • Setelah diketahui pertisi linuxnya (misalkan di laptop saya sda2), kemudian lakukan mounting seperti ini

sudo mount -t ext4 /dev/sda2 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt /bin/bash

  • Sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR, perintahnya

grub-install /dev/sda

  • Sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya (di laptop saya berada di /dev/sda2), perintahnya

grub-install /dev/sda2

  • Jika tidak ada pesan error maka setelah Anda melakukan Reboot, bootloader akan kembali seperti semula

Semoga tulisan ini dapat membantu anda..

lihat juga : http://getandshared.wordpress.com/2010/02/04/cara-memperbaiki-grub-ubuntu/

0 Comment: