Silahkan kunjungi blog saya yang lain..

24 Agustus 2009

Microsoft Hadirkan Open Source PHP dan .NET


Kini telah hadir bahasa pemrograman PHP dan model program .NET versi open source, yang diciptakan oleh team Developer dan Platform Evangelism Microsoft, Jumat (21/08). PHP toolkit Microsoft untuk ADO.Net Data Services menggunakan REST sebagai jembatan antara platform software Microsoft dan bahasa pemrograman populer PHP. Menurut Peter Galli, manager komunitas open source Microsoft mengungkapkan bahwa dengan PHP toolkit tersebut yang dikembangkan oleh Persistent Systems, developer PHP dapat dengan mudah mengambil keuntungan dari ADO.Net Data Services, yang merupakan satu set fitur di Framework .NET untuk membangun dan menggunakan layanan data dari web.

Layanan ADO.Net Data Services tersebut akan menampilkan source data melalui interface layanan REST. Full support untuk ADO.Net Data Services juga ditawarkan di Visual Studio 2008 SP1 dan platform Visual Studio 2010 mendatang. Sewaktu mendesain, PHP toolkit REST tersebut akan men-generate kelas proxy berbasis metadata yang dihasilkan oleh ADO.Net Data Services. Developer dapat memanggil kode dari kelas tersebut dengan runtime, lebih cepat dibandingkan ADO.Net Data Services menggunakan kelas PHP.

“Dengan menggunakan layanan REST dari HTTP, komunikasi antara aplikasi PHP dan ADO.Net Data Services akan ditangani oleh PHP proxy classes dan PHP toolkit library, namun user juga bisa mengedit code tersebut. PHP toolkit tersebut hadir di situs Microsoft CodePlex untuk project PHP versi open source.” ungkap Claudio Caldato, manager senior untuk team Interoperability Technical Strategy Microsoft.

0 Comment: