Silahkan kunjungi blog saya yang lain..

30 Mei 2009

Instalasi XP Compaq Presario CQ40-401AU

Untuk menginstal WIndows XP di laptop compaq CQ40-401AU diperlukan beberapa sofware tambahan seperti .NET framework 2.0, nlite dan yang penting driver AHCI nya karena jika memakai XP biasa hardisk tidak akan terdeteksi bahkan pada saat proses pengistalan akan terjadi bluescreen.. untuk mengantisipasinya diperlukan software tambahan yang tadi saya sebutkan.

untuk driver AHCI nya bisa di download disini dan untuk nLite nya bisa di download disini. harus diingat, sebelum menginstal semuanya, anda harus menginstal .NET Framework 2.0 nya terlebih dahulu dan bisa di download disini.

Langkah-langkahnya instalasi
- Install .NET framework 2.0
- Install nLite
- Integrate XP anda dengan driver yang sudah di download

setelah anda berhasil menginstal XP di laptop anda, tentunya anda harus mendownload driver-driver nya karena berbeda dengan driver yang dipake pada Windows Vista.

VGA ATI HD3200
IDT Sound HDA Codec Sebelumnya install dulu MS UAA
HDA Modem
Broadcom Wireless Sebelumnya install dulu Windows Installer 3.1
LAN
Card reader
HDMI Audio
ALPS touchpad
Quick Launch Buttton
7 unknown device --> klik kanan machine.inf, pilih install.

pastikan semuanya di instal secara berurutan..

7 Comment:

Ahmad Ar-Rayyan mengatakan...

aduuh a' aria ipank hatur nuhun pisan,,,, saya jadi bisa pake' xp sekarang...tambah lagi dunk contennya..

dhanny mengatakan...

Mas Aria,, ram saya kan 4 gb,, saya mau install xp 64bit nih, ada link driver-drivernya ga ya,,


thanks ya mas Ari..

Aris Saepul Rohman mengatakan...

maaf mas dhanny,, untuk saat ini saya baru mendapatkan driver untuk xp yg 32bit saja.. lagipula software2 belum pada support sama xp 64bit..

thanks..

daniel2wp mengatakan...

mas, mau nanya boleh ya? tapi yang pertama-tama alot of thankz about the tips. it was really works.. =)

pertanyaan saya:
1. di menu catalyst, memory vga saya terbaca 700mb, sedangkan jika dicompare dengan GPUz, cuma terbaca 256mb, saya memakai 2Gb Ram. System properties menyatakan ram terpasang 1,75Gb. mana yang benar? bisakah vga sharenya diperbesar sampai 700mb?
2. driver IDT memang working, tapi koq menu equalizernya ng ada y? bisa kasih driver yang baru.?

TrimZ sebelumnya

Aris Saepul Rohman mengatakan...

untuk vga, cq40-401au ini menggunakan ATI HD3200 yang hanya bisa di share up to 256 MB.. jadi jika RAM anda yang 2 GB hanya terdetect 1,75 GB itu karena sebagian di alokasikan untuk VGA..

Untuk IDT sendiri mungkin memang ada masalah dalam drivernya atau ada file yang corrupt.. coba instal lagi IDT nya tanpa menguninstal yang sebelumnya (repair)..

thanks..

Akbar Primadani mengatakan...

thank ya boz...krena blog ini saya bisa install laptop saya jd xp...

tp driver chipsetnya tu dah kd satu dengan vganya ya???

Aris Saepul Rohman mengatakan...

untuk AMD dengan VGA ATI, rata2 chipset dah nyatu ma VGA. CQ40-401AU juga bgitu..

have fun with your XP :-)